Langsung ke konten utama

Oleh2 Silaturrahim Akhir Pekan

Silaturrahim Akhir Pekan

Akhir pekan 24-25 November 2007,
Disamping beristirahat dan bercengkerama dengan keluarga sebagaimana lazimnya seorang karyawan dan sedikit aktifitas miniwirausaha (masih sampingan), saya menyempatkan berkunjung ke rekan kerja di lokasi timur (cikampek) dan utara (rengasdengklok).

Alhamdulillah kedua rekan kenal tetangga yang memilki usaha dibidang jual beli ternak Sapi, Kambing dan Ayam. Kami berkesempatan berdiskusi dan berguru kepada dua pedagang yang dengan senang hati memberikan wejangan ilmu yang diperolehnya selama bertahun2 bergelut dg hewan ternak, tak jarang kerugian bahkan ditipu puluhan juta rupiah.

Rasanya tak mungkin bagi kami bisa memahami semua yang telah dijelaskan, karena sebagian besar ilmu hanya akan dipahami setelah memegang Ternaknya, sementara saya hanya pegang kambing yang kebetulan lewat rumah saja atau pas lebaran haji.

Baik pak Agus maupun mang ahmad kedua pedagang itu menawarkan kesanggupan untuk mensuplai ayam, kambing atau sapi secara rutin. bahkan mang ahmad sanggup mensuplai 100 ekor ayam kampung sehari. cuman masalahnya kedua pedagang tersebut kesulitan untuk mencari konsumen rumah makan, restoran yang sanggup membayar tunai saat delivery.

Kebanyakan pembeli termasuk restoran besar, misalnya dikirim 100 ekor ayam hanya bayar 30 ekor saja. pengiriman berikutnya misal 50 ekor ayam hanya dibayar 15 ekaor saja. Hari ke hari makin terjadi penumpukan modal, bahkan kalo tidak kirim tidak ada pembayaran. Model seperti ini banyak memakan korban pebisnis baru dengan modal terbatas dan istilahnya mereka sebut sistim 2-1, 3-1, 4-1 bahkan 5-1 artinya taruh lima bayar satu, kalo nggak naruh ya nggak dibayar.

Ini peluang yang menggiurkan sekaligus tantangan untuk mencari pembeli yng sanggup bayar tunai, karena umumnya kata mereka hampir semuanya modelnya kaya gitu bayar sebagian.

sanggupkah kita manfaatkan peluang itu ??

wassalam
krw, 26 nov 2007

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Desain rumah petak 6x15 m2

Desain Rumah Petakan di Lahan 6x15 M2 Kamis, 08/01/2009 00:15 WIB KONSULTASI ARSITEKTUR bersama Ir. Aria Heryantha (at eramuslim.com) Mohon bantuannya pak. Saya berencana membuat kontrakan 4 pintu dengan luas tanah 6x15. yg menjadi concern saya adalah sirkulasi udara dan tidak terlihat sempit, jadi nyaman untuk di tempati walaupun kecil. Terima kasih hr Jawaban Assalamu ‘alaikum Wr.Wb. Saudara HR, sesuai dengan keiinginan anda membuat kontrakan 4 pintu dengan luas tanah 6 M x 15 M, yang walaupun kecil tetap memiliki sirkulasi udara yang baik dan tidak terlihat sempit, saya mencoba menterjemahkannya dalam layout sebagai berikut : Masing-masing kontrakan berukuran 3.75 M x 4.8 M, yang terdiri dari ruang tamu, ruang tidur, dapur dan kamar mandi. Dari luasan 18 M2 yang didapat, ruangan tidak disusun berderet seperti pada umumnya rumah petakan yang ada, tetapi terbagi dua dengan sirkulasi di tengah ruangan yang menghubungkan ruangan-ruangan tersebut. Pada bagian sisi kanan lahan, dipotong

PEDOMAN K3

PEDOMAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA I. KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA Perusahaan meyakini bahwa keselamatan dan kesehatan kerja, adalah bagian dari tanggung jawabnya dan merupakan salah satu kunci strategi dalam berbisnis. Dengan menerapkan kebijakan, prosedur dan instruksi yang sesuai dengan undang-undang, peraturan dan kebijaksanaan yang berlaku. Adapun pokok-pokok Kebijakan Keselamatan dan Kesehatan Kerja, sbb: 1. Memberikan Perhatian, Pemeliharaan dan Perlindungan terhadap Keselamatan dan Kesehatan Kerja dalam segala aktifitas. 2. Melaksanakan Perbaikan Keselamatan dan Kesehatan Kerja secara terus menerus. 3. Menginstruksikan kepada seluruh Karyawan, Pemasok untuk Mematuhi Ketentuan Keselamatan dan Kesehatan Kerja dalam segala aktifitas khususnya di lingkungan Perusahaan. II. PRINSIP KESELAMATAN KERJA Keselamatan kerja meliputi pengenalan dan penghindaran atau pengurangan bahaya terhadap keselamatan dan kesehatan kerja. Tanggung jawab keselamatan kerja (UU NO. 1 Thn. 1970 Te

Aqidah: Iblis Menggoda Manusia dari Empat Arah

BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM Materi: Al-Aqidah Tema: Iblis Menggoda Manusia dari Empat Arah Oleh: Eka Hardiana Disampaikan dalam acara Kuliah Subuh Mushalla Baitur-Rahman Karawang Sabtu, 25 Nopember 2016 Iblis Menggoda Manusia dari Empat Arah Kedengkian Iblis Ketahuilah bahwa kedengkian Iblis dan yang diikuti oleh para bala tentara menjadikan mereka tak akan pernah bosan untuk menggoda Bani Adam dan menjerumuskan mereka dalam lembah maksiat pada Allah Ta'ala dan berakhir ke neraka bersama mereka, bahkan berbagai pintu & penjuru celahpun mereka bidik dan lalui. Dalam surat Al A’raf (7) ayat 16-17 disebutkan yang artinya: (Iblis) menjawab, "Karena Engkau telah menyesatkan aku, pasti aku akan selalu menghalangi mereka dari jalan-Mu yang lurus, [QS. Al-A'raf (7): Ayat 16] kemudian pasti aku akan mendatangi mereka dari depan, dari belakang, dari kanan, dan dari kiri mereka. Dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur." [QS. Al-A'raf (7)