Langsung ke konten utama

Desain rumah petak 6x15 m2

Desain Rumah Petakan di Lahan 6x15 M2

Kamis, 08/01/2009 00:15 WIB
KONSULTASI ARSITEKTUR
bersama Ir. Aria Heryantha
(at eramuslim.com)

Mohon bantuannya pak.

Saya berencana membuat kontrakan 4 pintu dengan luas tanah 6x15. yg menjadi concern saya adalah sirkulasi udara dan tidak terlihat sempit, jadi nyaman untuk di tempati walaupun kecil.

Terima kasih



hr

Jawaban
Assalamu ‘alaikum Wr.Wb.

Saudara HR, sesuai dengan keiinginan anda membuat kontrakan 4 pintu dengan luas tanah 6 M x 15 M, yang walaupun kecil tetap memiliki sirkulasi udara yang baik dan tidak terlihat sempit, saya mencoba menterjemahkannya dalam layout sebagai berikut :






Masing-masing kontrakan berukuran 3.75 M x 4.8 M, yang terdiri dari ruang tamu, ruang tidur, dapur dan kamar mandi. Dari luasan 18 M2 yang didapat, ruangan tidak disusun berderet seperti pada umumnya rumah petakan yang ada, tetapi terbagi dua dengan sirkulasi di tengah ruangan yang menghubungkan ruangan-ruangan tersebut.



Pada bagian sisi kanan lahan, dipotong selebar 1,2 M untuk pencapaian ke masing-masing unit. Masing-masing unit memiliki teras selebar 1 M x 2 M yang dapat digunakan untuk duduk-duduk atau memarkir sepeda motor sehingga tidak mengganggu akses ke unit-unit lain.

Walaupun kecil, privasi penghuni tetap harus terjaga sehingga pintu di desain agar tidak langsung dapat melihat isi rumah. Ruang tamu dapat difungsikan juga sebagai ruang bersama untuk aktifitas bersantai, membaca atau menonton TV sehingga interiornya bisa disesuaikan dengan kebutuhan penghuni. Dari ruang tamu ada ruang antara kecil yang menghubungkan kamar tidur, dapur dan kamar mandi sehingga ruangan tidak terlihat sempit dan sumpek.

Kelebihan dari rumah petakan ini walupun kecil memiliki sirkulasi udara dan cahaya yang cukup, karena kamar dan ruang tamu memiki bukaan (jendela) ke arah jalan dan di bagian belakang juga terdapat void atau ruang terbuka berukuran 1.3 M x 0.95 M yang dapat difungsikan sebagai taman kecil. Dengan adanya void ini, dapat memasukan cahaya dan udara melalui bukaan ke arahnya, sehingga dapur dan ruang sirkulasi tidak sumpek dan gelap.


Dengan adanya ruang-ruang yang maju mundur maka tampilan rumah petakan ini terlihat lebih menarik, apalagi anda dapat membuat permainan atap yang lebih tinggi pada area ruang tamu ke belakang sehingga bagian dinding yang lebih tinggi bisa dibuat ventilasi untuk memasukkan udara dari bagian atas.

Mudah-mudahan anda terinspirasi….!

Wassalam

Konsultasi Arsitektur
bersama Ir. Aria Heryantha
dikutip dari : eramuslim.com
(Penting untuk disimpan)

Komentar

Anonim mengatakan…
terima ksih sharingnya, saya jg lagi berencana membangun kontrakan, yg kecil tp nyaman, dan lagi cari2 design nya yg cocok.

salam kenal, saya Anita Yuniar, anggota TDA juga.
Lagi bingung sama dana nya yg belum cair..hehehe...
muhammad mualimin mengatakan…
mudah2an lancar, amin

Postingan populer dari blog ini

PEDOMAN K3

PEDOMAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA I. KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA Perusahaan meyakini bahwa keselamatan dan kesehatan kerja, adalah bagian dari tanggung jawabnya dan merupakan salah satu kunci strategi dalam berbisnis. Dengan menerapkan kebijakan, prosedur dan instruksi yang sesuai dengan undang-undang, peraturan dan kebijaksanaan yang berlaku. Adapun pokok-pokok Kebijakan Keselamatan dan Kesehatan Kerja, sbb: 1. Memberikan Perhatian, Pemeliharaan dan Perlindungan terhadap Keselamatan dan Kesehatan Kerja dalam segala aktifitas. 2. Melaksanakan Perbaikan Keselamatan dan Kesehatan Kerja secara terus menerus. 3. Menginstruksikan kepada seluruh Karyawan, Pemasok untuk Mematuhi Ketentuan Keselamatan dan Kesehatan Kerja dalam segala aktifitas khususnya di lingkungan Perusahaan. II. PRINSIP KESELAMATAN KERJA Keselamatan kerja meliputi pengenalan dan penghindaran atau pengurangan bahaya terhadap keselamatan dan kesehatan kerja. Tanggung jawab keselamatan kerja (UU NO. 1 Thn. 1970 Te

Aqidah: Iblis Menggoda Manusia dari Empat Arah

BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM Materi: Al-Aqidah Tema: Iblis Menggoda Manusia dari Empat Arah Oleh: Eka Hardiana Disampaikan dalam acara Kuliah Subuh Mushalla Baitur-Rahman Karawang Sabtu, 25 Nopember 2016 Iblis Menggoda Manusia dari Empat Arah Kedengkian Iblis Ketahuilah bahwa kedengkian Iblis dan yang diikuti oleh para bala tentara menjadikan mereka tak akan pernah bosan untuk menggoda Bani Adam dan menjerumuskan mereka dalam lembah maksiat pada Allah Ta'ala dan berakhir ke neraka bersama mereka, bahkan berbagai pintu & penjuru celahpun mereka bidik dan lalui. Dalam surat Al A’raf (7) ayat 16-17 disebutkan yang artinya: (Iblis) menjawab, "Karena Engkau telah menyesatkan aku, pasti aku akan selalu menghalangi mereka dari jalan-Mu yang lurus, [QS. Al-A'raf (7): Ayat 16] kemudian pasti aku akan mendatangi mereka dari depan, dari belakang, dari kanan, dan dari kiri mereka. Dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur." [QS. Al-A'raf (7)