Good business,
untuk pertama kalinya setelah sebelas tahun, perusahaan tempatku kerja membeli mesin yang beroperasi di wilayah atomik. hari itu kamis 23 july adalah kali pertama preventive maintenance yang dilakukan oleh teknisi dari negeri singa.
PM kali ini gratsi karena masih masuk garansi, tapi next aku harus apply Service Contract yang nilainya 5000USD/th. dengan service kontrak perusahaan akan dapat 2 x kunjungan terjadwal dan satu kali sesuai kebutuhan. disamping itu juga kan mendapatkan discount dan prioritas untuk pembelian spare part apapun.
5000 USD/th bagi perusahaan saat ini adalah nilai yang lumayan, apalagi belum pernah terprediksi sebelumnya bahwa perusahaan harus membayar fee setiap tahun untuk mendapatkan layanan yang lebih.
mesin2 yang ada selama ini bisa dimantenance sendiri oleh teknisi internal, kalopun ada maintenace oleh pihak luar tidak mensyaratkan service contract. atau kita beli part dan ganti sendiri.
bagi perusahaan yang tidak mengambil service kontrak, akan ditempatkan pada prioritas yang ke sekian dan tidak mendapatkan discount untuk spare part. fee untuk setiap maintenace pun nilainya lebih besar.
perusahaan mau tak mau harus memilih entah service contract atau service lepas, karena maintenace tersebut berkaitan dengan kalibrasi mesin. perusahaan wajib selalu setia dalam ikatan dengan pihak pembuat mesin atau melalui agennya.
bagi pembuat mesin/suplier mendapatkan satu konsumen berarti kepastian order dalam jangka yang boleh jadi berkelanjutan.
it's good business.
makna....
( buatlah konsumen secara tidak sadar terikat sama kita bila perlu mereka rela membayar fee di depan ).
m. mualimin/24072007
untuk pertama kalinya setelah sebelas tahun, perusahaan tempatku kerja membeli mesin yang beroperasi di wilayah atomik. hari itu kamis 23 july adalah kali pertama preventive maintenance yang dilakukan oleh teknisi dari negeri singa.
PM kali ini gratsi karena masih masuk garansi, tapi next aku harus apply Service Contract yang nilainya 5000USD/th. dengan service kontrak perusahaan akan dapat 2 x kunjungan terjadwal dan satu kali sesuai kebutuhan. disamping itu juga kan mendapatkan discount dan prioritas untuk pembelian spare part apapun.
5000 USD/th bagi perusahaan saat ini adalah nilai yang lumayan, apalagi belum pernah terprediksi sebelumnya bahwa perusahaan harus membayar fee setiap tahun untuk mendapatkan layanan yang lebih.
mesin2 yang ada selama ini bisa dimantenance sendiri oleh teknisi internal, kalopun ada maintenace oleh pihak luar tidak mensyaratkan service contract. atau kita beli part dan ganti sendiri.
bagi perusahaan yang tidak mengambil service kontrak, akan ditempatkan pada prioritas yang ke sekian dan tidak mendapatkan discount untuk spare part. fee untuk setiap maintenace pun nilainya lebih besar.
perusahaan mau tak mau harus memilih entah service contract atau service lepas, karena maintenace tersebut berkaitan dengan kalibrasi mesin. perusahaan wajib selalu setia dalam ikatan dengan pihak pembuat mesin atau melalui agennya.
bagi pembuat mesin/suplier mendapatkan satu konsumen berarti kepastian order dalam jangka yang boleh jadi berkelanjutan.
it's good business.
makna....
( buatlah konsumen secara tidak sadar terikat sama kita bila perlu mereka rela membayar fee di depan ).
m. mualimin/24072007
Komentar